RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP - Berkarakter)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Gondangwetan
Mata Pelajaran : Seni
Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : IX
(Sembilan) / 2 (dua)
Alokasi
Waktu : 6
x 40 menit ( 3 x pertemuan )
KKM : 75
I.
Standar Kompetensi
10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
PLH.IV.Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
II . Kompetensi Dasar
10.1 Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari
beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
PLH 5. Pengolahan limbah
III.Indikator
1.
Membuat
membuat
karya seni rupa 2 atau 3 dimensi berdasarkan eksplorasi gagasan, bentuk, bahan,
dan teknik seni rupa Nusantara dan Mancanegara di luar Asia dengan kreatif dan
inovatif.
PLH 5.3 Pemanfaatan sampah melalui Program 3R
( Reduce, Reuse, Recycle)
Tujuan
Pembelajaran.
1) Siswa mampu membuat karya
seni rupa 3 dimensi dengan kreatif dan
inovatif
2)
Siswa
mampu membuat karya seni rupa murni (membuat Vas Yunani
Kuno bahan kertas limbah) dengan penuh kreativitas dan kerja keras
IV.Materi
Pembelajaran
Ø Contoh
dan bentuk karya seni rupa murni
Ø Penggunaan
media, alat dan bahan pembuatan karya seni rupa
Ø Prosedur,
tahap-tahap yang benar penciptaan karya seni rupa.
Ø Berkarya seni
rupa murni (membuat Vas Yunani Kuno)
V.Metode
Pembelajaran
Ceramah
Demontrasi
Diskusi
Pemberian tugas
VI.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I:
a. Kegiatan Awal (10 Menit):
1). Salam pembuka.
2) Guru menunjukkan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini yakni membuat karya
seni rupa murni (Vas Yunani Kuno)
3). Guru mempersiapkan kelompok siswa.
b. Kegiatan Inti (65 Menit):
1). Siswa memperhatikan contoh karya seni Vas
Yunani Kuno. (eksplorasi)
2) Siswa memperhatikan bahan- bahan karya seni Vas Yunani Kuno.
(elaborasi)
3). Siswa mulai menentukan langkah- langkah
pembuatan Vas Yunani Kuno.(elaborasi)
4) Guru membimbing siswa yang mengalami
kesulitan dalam membuat Vas Yunani Kuno.(konfirmasi)
6). Siswa menyempurnakan
7). Siswa bersama guru membahas hasil pembuatan Vas Yunani Kuno. (konfirmasi)
c. Kegiatan Akhir
(5 Menit):
1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi
2.
Guru
menyampaikan hal-hal yang akan dibahas / dipraktekkan minggu berikutnya.
3.
Penutup
Pertemuan II:
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Persiapan pembelajaran
Kegiatan
Inti (65 menit)
·
Siswa
membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara dan
Mancanegara di luar Asia. ( Pewarnaan)
Kegiatan
Akhir (5 menit)
Kesimpulan,
tugas dilanjutkan di rumah.
Pertemuan III:
Kegiatan
awal (10 menit)
·
Persiapan pembelajaran
Kegiatan
Inti (65 menit)
·
Siswa melanjutkan proses berkarya seni rupa murni . (Finishing)
Kegiatan
Akhir (5 menit)
Kesimpulan
VII.Media dan sumber belajar
a.
Contoh
hasil karya seni Vas Yunani Kuno
b.
LKS.
c.
Buku
Paket.( BSE)
d.
Karya seni Dunia,Sue Nicholson,Tiga Serangkai
Solo.2007
VIII.Penilaian :
a. Tehnik : Tugas individu/ kelompok
b. Bentuk Instrumen : Tes unjuk kerja./
Proyek
c. Soal /
Instrumen :
Tes unjuk kerja:
1.
Buatlah Vas Yunani Kuno dengan menggunakan bahan limbah
kertas !
NO
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor nilai
|
1
|
Ide/kreativitas
|
20
|
2
|
Penguasaan
teknik berkarya
|
40
|
3
|
Ketepatan
bentuk karya
|
40
|
Jumlah
skor
|
100
|
Catatan:.....................................................................................................................
:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................:.....................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala SMP N 1 GONDANGWETAN
Hj.TANTI RAHAYU,
SPd,MM
Nip 19600705 198101 2 002
|
|
Gondangwetan, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran Seni
Budaya
TRI KUSUMARINI, SPd
NIP 19661125 198903 2 007
Materi
Pembuatan fas Yunani Kuno
Bahan dan alat: Kertas, lem, balon, cat, kuas, vernis
Langkah-langkah:
tiup balon, sobek-sobek kecil kertas, tempel pada balon dengan menggunakan lem. Tutup semua permukaan balon dengan kertas sampai lebih kurang lima lapis. Beri kaki dan pegangan fas dengan menggunakan kertas yang dilipat-lipat. Keringkan, setelah mengering lukis fas, dan diakhiri dengan mengulas dengan vernis.
Contoh fas yang akan dibuat
Siswa sedang mengerjakan tugas, menempel kertas pada balon. Siswa menempel lapisan akhir dengan kertas polos dan memasang kaki fas. Siswa memberi motif pada permukaan fas dengan cara di cat.
Contoh hasil karya siswa yang sudah jadi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar