Jumat, 22 Maret 2013

RPP seni budaya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
10( RPP - Berkarakter)


Membuat Karya
 


Nama  Sekolah               :     SMP Negeri 1 Gondangwetan
Mata Pelajaran                :     Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester            :     IX (Sembilan) / 2 (dua)
Alokasi Waktu                 :     6 x 40 menit ( 3 x pertemuan )
KKM                                :     75
I.       Standar Kompetensi
        10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
    PLH.IV.Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

II .  Kompetensi Dasar
10.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang    dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
       PLH 5. Pengolahan limbah

III.Indikator
1.    Membuat membuat karya seni rupa 2 atau 3 dimensi berdasarkan eksplorasi gagasan, bentuk, bahan, dan teknik seni rupa Nusantara dan Mancanegara di luar Asia dengan  kreatif dan inovatif. 
 PLH 5.3 Pemanfaatan sampah melalui Program 3R ( Reduce, Reuse, Recycle)

Tujuan Pembelajaran.
1)   Siswa mampu membuat karya seni rupa 3 dimensi dengan kreatif dan inovatif
2)   Siswa mampu membuat karya seni rupa murni  (membuat Vas Yunani Kuno  bahan kertas limbah) dengan penuh kreativitas dan kerja keras

IV.Materi Pembelajaran
Ø Contoh dan bentuk karya seni rupa murni
Ø Penggunaan media, alat dan bahan pembuatan karya seni rupa
Ø Prosedur, tahap-tahap yang benar penciptaan karya seni rupa.
Ø Berkarya seni rupa murni (membuat Vas Yunani Kuno)

V.Metode Pembelajaran
Ceramah
Demontrasi
Diskusi
Pemberian tugas

VI.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I:
         a.   Kegiatan Awal (10 Menit):
1).  Salam pembuka.
2)   Guru menunjukkan tujuan kegiatan pembelajaran hari ini yakni membuat  karya seni rupa murni (Vas Yunani Kuno)
3).  Guru mempersiapkan kelompok siswa.

         b.   Kegiatan Inti (65 Menit):
1).  Siswa memperhatikan contoh karya seni Vas Yunani Kuno. (eksplorasi)
                2)  Siswa memperhatikan bahan- bahan karya seni Vas Yunani Kuno. (elaborasi)
3).  Siswa mulai menentukan langkah- langkah pembuatan Vas Yunani Kuno.(elaborasi)
4)   Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat Vas Yunani Kuno.(konfirmasi)
6).  Siswa menyempurnakan
7).  Siswa bersama guru membahas hasil pembuatan  Vas Yunani Kuno. (konfirmasi)

         c.   Kegiatan Akhir (5 Menit):
1.    Guru dan siswa melakukan refleksi
2.    Guru menyampaikan hal-hal yang akan dibahas / dipraktekkan minggu berikutnya.
3.    Penutup

Pertemuan II:
Kegiatan awal (10 menit)
·         Persiapan pembelajaran
      Kegiatan Inti (65 menit)
·         Siswa membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara dan Mancanegara di luar Asia. ( Pewarnaan)
     Kegiatan Akhir (5 menit)
Kesimpulan, tugas dilanjutkan di rumah.

Pertemuan III:
Kegiatan awal (10 menit)
·         Persiapan pembelajaran
Kegiatan Inti (65 menit)
·         Siswa melanjutkan proses berkarya seni rupa murni . (Finishing)
Kegiatan Akhir (5 menit)
Kesimpulan


VII.Media  dan sumber belajar
a.    Contoh hasil karya seni Vas Yunani Kuno
b.     LKS.
c.    Buku Paket.( BSE)
d.     Karya seni Dunia,Sue Nicholson,Tiga Serangkai Solo.2007

VIII.Penilaian :
a.  Tehnik                       :  Tugas individu/ kelompok
b.  Bentuk Instrumen     :  Tes unjuk kerja./ Proyek
c.  Soal / Instrumen       :
              Tes unjuk kerja:

1.    Buatlah Vas Yunani Kuno dengan menggunakan bahan limbah kertas !



NO
Aspek yang dinilai
Skor nilai
1
Ide/kreativitas
20
2
Penguasaan teknik berkarya
40
3
Ketepatan bentuk karya
40
Jumlah skor
100

Catatan:..................................................................................................................... :...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................:.....................................................................................................................................................................................................




Mengetahui
Kepala SMP N 1 GONDANGWETAN


Hj.TANTI RAHAYU, SPd,MM
Nip 19600705 198101 2 002

Gondangwetan,   Januari 2013
Guru Mata Pelajaran Seni Budaya



TRI KUSUMARINI, SPd
NIP 19661125 198903 2 007







 Materi 
Pembuatan fas Yunani Kuno 
Bahan dan alat: Kertas, lem, balon, cat, kuas, vernis

Langkah-langkah:
tiup balon, sobek-sobek kecil kertas, tempel pada balon dengan menggunakan lem. Tutup semua permukaan balon dengan kertas sampai lebih kurang lima lapis. Beri kaki dan pegangan fas dengan menggunakan kertas yang dilipat-lipat. Keringkan, setelah mengering lukis fas, dan diakhiri dengan mengulas dengan vernis.

 

 Contoh fas yang akan dibuat


 Siswa sedang mengerjakan tugas, menempel kertas pada balon.


 Siswa menempel lapisan akhir dengan kertas polos dan memasang kaki fas.

 Siswa memberi motif pada permukaan fas dengan cara di cat.


 

 Contoh hasil karya siswa yang sudah jadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar